Navigation

“KABUPATEN KUNINGAN MERAIH ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA KATEGORI PERENCANAAN TERBAIK SE JAWA BARAT”





Peningkatan kemampuan daerah dalam melaksanakan pembangunan diera otonomi daerah ditentukan salah satunya oleh kualitas perencanaan yang disusunnya. Perencanaan pembangunan yang dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) secara konsisten berupaya meningkatkan mutu baik dari sisi proses penyusunan maupun produk dokumen perencanaan pembangunan daerah.
Anugerah Pangripta Nusantara kepada Kabupaten/Kota terbaik di Jawa Barat langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan kepada para Kepala Daerah.  Dari Kuningan, hadir Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H.,M.H; Ketua DPRD Rana Suparman, S.Sos; Sekretaris Daerah Yosep Setiawan, M.Si; dan Kepala BAPPEDA Kabupaten Kuningan Drs. H. Maman Suparman, MM beserta jajarannya. 
 “Alhamdulillah, hari ini di acara Musrenbang Provinsi, saya menerima penghargaan Pangripta Nusantara. Kuningan ada pada posisi ke 3 dari 28 kabupaten/kota se Jawa Barat.  Sebuah prestasi yang patut kita banggakan, saya berharap kinerja BAPPEDA menjadi motivasi bagi seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mendukung pencapaian target besar agenda reformasi birokrasi yaitu mewujudkan kualitas pemerintahan yang bersih, bermutu dan akuntabel ” Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H di sela-sela acara. 
Sekretaris Daerah, Drs. H. Yosep Setiawan menyampaikan pencapaian mutu perencanaan yang baik akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi tercapainya pembangunan yang tepat sasaran, berdaya ungkit tinggi bagi pencapaian target visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kuningan, mencapai Kuningan Mandiri, Agamis dan Sejahtera 2018.
 “Penyusunan perencanaan dalam bentuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016, Kabupaten Kuningan masuk dalam 3 besar kabupaten dengan perencanaan terbaik di Provinsi Jawa Barat” jelas Kepala Bappeda Kab.Kuningan Drs. H. Maman Suparman, MM yang didampingi oleh Sekretaris Ir. Usep Sumirat dan Kasubag Program Bappeda Rinekawiati Soelaeman, M.T.,M.PP.
Penilaian Pangripta Nusantara dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu  penelaahan dokumen oleh Tim Penilai Provinsi (Tim Independen dari ITB dan UNISBA; Komite Perencana dan Bappeda Provinsi Jawa Barat).  Tahap selanjutnya adalah verifikasi lapangan, mendengarkan langsung expose tentang proses perencanaan yang dilakukan di Kabupaten Kuningan serta melakukan tanya jawab langsung dengan para stakeholders yang ada, yaitu Bappeda, DPRD, SKPD, Perguruan Tinggi UNIKU, Kecamatan, Desa, LSM dan pelaku usaha.
Yosep Setiawan lebih jauh menyampaikan penerapan perencanaan partisipatif dan berbasis pemanfaatan teknologi, khususnya IT adalah upaya bersama untuk menyiapkan sistem dan SDM aparatur daerah yang siap menghadapi tantangan baik skala lokal, nasional maupun global.

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: