Navigation

GROUND BREAKING PEMBANGUNAN BENDUNGAN KUNINGAN DIMULAI.



Pembangunan bendungan Kuningan yang  telah lama direncanakan akhirnya dimulai dengan dilaksanakannya Ground Breaking  dan penandatangananan prasasti  oleh Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementrian PU R.I  Mohamad Hasan Dipl, HE  dan Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda yang dilaksanakan di desa Randusari Kecamatan Cibeureum  pada hari Senin (2/12). Waduk Kuningan yang berada tepat diperbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah tersebut diharapakan nantinya waduk ini akan memenuhi kebutuhan air untuk area pertanian sebagian wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan juga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasi pembangunan Bendungan Kuningan terletak di dusun Cileuweung  desa Randusari  Kecamatan Cibeureum  yaitu desa Cikaro, yang merupakan anak sungai Cijangkelok dimana sungai Cisanggarung sebagai sungai utamanya. Daerah genangan meliputi lima desa di sua kecamatan yaitu Desa  Kawung Sari, Desa randusari dan desa Sukarapih berada di kecamatan Cibeureum , sedangkan desa Tanjungkerta dan desa Simpaijaya  berada di Kecamatan Karangkacana. 


                Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung Ir. Tri Sasongko Widianto, Dipl, HE menjelaskan bahwa Bendungan Kuningan sudah direncanakan sejak tahun 1984 dan telah melalui berbagai penelitian dan studi kelayakan,  nantinya diharapkan Bendungan  Kuningan tersebut  dapat mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi misalnya banjir pada musim hujan, kekeringan pada musim kemarau, mengatasi kebutuhan air yang semakin meningkat, irigasi,dan  untuk kebutuhan listrik “ direncanakan nantinya Waduk Kuningan ini akan mampu menampung 23 Juta meter kubik  dengan pemakian lahan seluas 284,45 ha diperkirakan akan selesai pembuatannya dalam waktu 4 tahun”
 Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mengaku sangat bersyukur karena diakhir masa jabatannya bisa memulai pembangunan Bendungan Kuningan “ pembangunan bendungan Kuningan ini merupakan salah satu program pembangunan nasional dalam bidang sumber daya air , yang telah direncanakan oleh balai besar wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung dalam rencana  induk pembangunan sumber daya air wilayah Cimanuk-Cisanggarung  dimana pembangunan bendungan ini sejalan dengan  visi kabupaten Kuningan  tahun 2009-2013 yaitu” Kuningan lebih sejahtera berbasis pertanian  dan pariwisata yang maju dalam lingkungan lestari dana agamis tahun 2013”
Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Kuningan merupakan kabupaten yang sangat  berkomitmen  sebagai kabupaten Konservasi “ kabupaten Kuningan dalam pelaksanaan pembangunannya berlandaskan perlindungan sistem penyanggah kehidupan dan pengawetan keragaman hayati, kabupaten kuningan yang memiliki ratusan sumber mata air, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Kuningan akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan air minum dan air irigasi di Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, pembangunan Bendungan Kuningan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari kerjasama  antar daerah perbatasan yang tergabung dalam Kuningan Summit”.
Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementrian PU RI   DR. Mohamad Hasan Dipl, HE memuji langkah kabupaten Kuningan yang sangat konsen terhadap pelestarian lingkungan dan memfokuskan diri  sebagai kabupaten Konservasi “ saya sangat memuji kiprah kabupaten Kuningan dalam mengelola lingkungan hidup dimana 40 % dari wilayah kabupaten Kuningan merupakan wilayah hijau dan memiliki banyak embung hal tersebut sangat dibutuhkan oleh kita pada saat ini dimana Indonesia membutuhkan banyak embung dan waduk”
DR. Mohamad Hasan Dipl, HE juga menjelaskan bahwa pada saat  tahun 2013 akan dibangun 10 waduk baru dan rencananya pada tahun 2014 akan ada  26 waduk baru di Indonesia dan akan mampu menampung  2 miliar meter kubik  air untuk emmenuhi segala macam kebutuhan.
Menyinggung masalah relokasi sekitar 500 KK yang akan terkena dampak pembangunan bendungan Kuningan Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementrian PU RI  menitipkan agar ditangani dengan baik dan hati-hati sehingga nantinya tidak menimbulkan masalah sosial “ pembangunan Bendungan Kuningan ini harus mampu mensejahterakan rakyat   sehingga pembangunannya   harus memperhatikan lingkungan sosialnya “ –Yohanes_
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: