Navigation

15 Kepala keluarga Transmigrasi ke Bengkulu



Sebanyak 15  kepala keluarga dengan 52 jiwa yang berasal dari Kabupaten Kuningan diberangkatkan  ke UPT Dataran, Kec. Maje Kab. Kaur Provinsi  Bengkulu oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, pemberangkatan tersebut merupakan program penyelenggaraan Transmigrasi antar daerah.
Pelepasan para transmigran yang berasal dari Kabupaten Kuningan tersebut dilepas oleh Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama pada hari Selasa (10/12) di Wisma Permata Kuningan. Hadir pula anggota DRPD Kab. Kuningan Ketua komisi D Drs H. Ending Suwandi, MM Kepala Dinas Sosial dan Tenaga kerja Drs. H. Dadang Supardan M.Si dan para kepala SKPD serta para peserta program transmigrasi.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga kerja  Drs. H. Dadang Supardan, M.Si mengungkapkan bahwa tujuan dari  dari transmigrasi tersebut diantaranya dalah untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran, pemerataan pembangunan. “ selain memberangkatkan pemerintah kabupaten Kuningan juga telah memberikan bekal kepada setiap kepala keluarga berupa bibit tanaman palawija, alat pertanian, alat rumah tangga, Pakaian dan uang saku sedangkan alasan dipilihnya UPT kedataran kec. Maje Kab. Kaur Procinsi Bengkulu oleh karena daerah  tersebut sesuai dengan kultur masyarakat kabupaten Kuningan yang agraris maka dilanjutkan dengan kerjasama antar daerah bidang ketransmigrasian yang dituangkan dalam perjanjian KSAD yang ditandatangani oleh masing-masing kepala daerah”
Para transmigran dari Kabupaten Kuningan juga telah mengikuti pelatihan dasar umum yang dilaksanakan di Balantrans Bandung selama 8 hari dan pembekalan ketransmigrasian yang dilaksanakan oleh Dinsosnaker kabupaten Kuningan selain itu juga sebelum pemberangkatan seluruh keluarga transmigrasi transit di Wisma Permata selama 2 hari untuk seleksi akhir yaitu pemeriksaan kesehatan, pemotoan seluruh keluarga dan   melengkapi administarsi ketransmigrasian.
Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutanya menuturkan bahwa arah kebijakan ketransmigrasian kabupaten Kuningan adalah pemberian peluang kepada penduduk yang memiliki keterbatasan dalam meperoleh dan atau kesempatan kerja secara proposional dan berkelanjutan” saya berpesan nantinya bapak-bapak dan ibu-ibu dapat menjaga nama baik daerah asal yaitu kabupaten Kuningan, selain itu juga karena Bapak-bapak dan ibu-ibu nantinya jadi warga pendatang maka kita harus pandai-pandai berdaptasi dengan penduduk sekitar sehingga bisa diterima dengan baik, dan yang terpenting jangan pernah mudah menyerah harus giat dalam berusaha agar nantinya bisa berhasil ditempat yang baru”- Yohanes-

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: