Navigation

TIM SABER PUNGLI KUNINGAN GELAR SOSIALISASI




Tim Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli ) Kabupaten Kuningan menggelar sosialisasi Saber Pungli kepada para Kepala SKPD, Camat, dan Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan, senin 17 April 2017 bertempat di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan.
Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan dibawah kepemimpinan H. Acep Purnama dan Dede Sembada terhadap sapubersih pungutan liar (SABER PUNGLI) tidak setengah-setengah.
Setelah pembentukan Satuan Petugas (Satgas) tingkat Kabupaten Kuningan kegiatan berlanjut di sosialisasi  ke Aparatur  Sipil Negera (ASN) terkait Pungli.

Ketua Pelaksana Sosialisasi Maman Hermansyah, menjelaskan tujuan sosialisasi ini sebagai upaya pemberantasan secara tegas,  terpadu, efektif dan menimbulkan efek jera. Namun pemahaman tentang pungli tidaklah sama, sosialisasi untuk memberi gambaran ke ASN agar terhindar.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat diketahui apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan terkait dengan pungli dan berkomitmen bersama untuk mewujudkan tidak ada lagi pungli di Kuningan," katanya.

Bupati Acep yang diwakili Sekda Yosep Setiawan dalam sambutannya menjelaskan pungutan liar atau pungli adalah biaya di tempat yang  tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut, pungli merupakan praktek kejahatan atau pidana.

Pungli dapat merusak tatanan pemerintahan, keluarga dan karier. Praktik pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera.


Sosialisasi pencegahan pungutan liar pada hari ini merupakan gebrakan tim Saber Pungli untuk memberitahukan kepada seluruh unti-unit pelayanan di wilayah Kabupaten Kuningan bahwa saat ini telah terbentuk Satgas Saber Pungli sebagaimana amanahPerpres Nomor 87 Tahun 2016 dan di Kabupaten Kuningan sendiri Tim Saber Pungli telah dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kuningan Nomor 700/KPTS.538-INSPEKTORAT/2016 Tanggal 30 November 2016. Papar Yosep. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: