Navigation

KUNINGAN PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA





Pada 1 Desember setiap tahunnya, seluruh elemen masyarakat di banyak negara memperingati Hari AIDS Sedunia. Hal itu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia. Juga di Kabupaten Kuningan Hari AIDS di peringati di Halaman Setda Kabupaten Kuningan dirangkaikan dengan Apel pagi lingkup Setda, Selasa 1 Desember 2015.
Sejatinya, Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, yang merupakan dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di World Health Organization (WHO) milik PBB di Jenewa, Swiss.
Namun, konsep untuk memperingati hari menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS itu digagas pada Pertemuan Menteri-Menteri Kesehatan Sedunia yang membahas mengenai program-program untuk pencegahan AIDS pada 1988.
Sejak saat itulah, organisasi-organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia mulai memperingati Hari AIDS Sedunia setiap tanggal 1 Desember.
Kegiatan sosial itu biasanya meliputi kampanye di jalan-jalan ibukota masing-masing negara, hingga melakukan kegiatan amal untuk membantu meringankan beban materi maupun psikologis pada penderita virus HIV AIDS, atau yang dikenal dengan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).
Hingga kini, ilwuman di seluruh dunia belum ada yang menemukan cara untuk mengobati HIV AIDS. Jadi, seluruh komunitas internasional merasa penting untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya virus ini. Namun, juga tidak mengucilkan para penderita yang sudah terkena virus mematikan itu.
Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan bahwa, hari ini seluruh dunia memperingati hari AIDS, hal ini tentunya merupakan renungan bagi kita semua bahwa betapa AIDS sudah menjadi bahaya laten bagi kita semua, entah itu akibat kita sendiri maupun akibat orang lain, yang jelas data telah menunjukan perubahan proporsi kasus baru HiV/AIDS satu tahun terakhir ini yang semula didominasi pengguna narkoba suntik ( Penasun ) menjadi heterseksual.
Di Kabupaten Kuningan sampai dengan bulan Oktober 2015 tercatat ada 55 kasus HIV/AIDS, terkait dengan pencegahan Pemerintah Kabupaten Kuningan telah meluncurkan kebijakan yang terkait dengan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dalam bentuk Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan no 8 tahun 2015 tentang penanggulangan HIV/AIDS. Tutup Utje. *DoniS*

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: