Navigation

KOPERASI CIREMAI GELAR RAT





Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2014, Jumat (18/4) berlangsung di aula Kelurahan Purwawinangun, hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, Ketua Badan Pengawas Koperasi Dharma Wanita Ciremai, Hj. Popi Yosep, Ketua TP PKK Hj. Ika Purnama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Dodi Nurohmatudin, serta undangan lainnya.
“Perkembangan koperasi pada umumnya cukup memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian sehingga pada dasarnya koperasi merupakan pondasi kuat dalam mendukung ekonomi kerakyatan”. Tutur Dodi dalam sambutannya
Ia mengatakan, untuk menumbuhkembangkan perekonomian rakyat diperlukan pemberdayaan kegiatan-kegiatan produksi lokal yang dilakukan masyarakat, mencintai serta menggunakan produk lokal merupakan keputusan bijak dalam mempertahankan perekonomian secara mendasar.
Koperasi merupakan pondasi dasar perekonomian bagi masyarakat sehingga koperasi cukup dapat bertahan dalam kondisi perekonomian yang dinamis, dalam perkembangannya koperasi sekarang memberikan kebebasan bagi para anggota-anggotanya untuk melakukan kegiatan ekonomi dengan harapan pengurus dapat melakukan terobosan-terobosan yang berdasarkan pendidikan, profesionalisme serta kejujuran.
Menurut beliau, Dinas Koperasi dan UKM melakukan pembinaan serta pengawasan secara rutin minimal 3 bulan sekali, hal ini dilakukan dalam rangka pengkaderan anggota yang nantinya akan dijadikan pengurus untuk mengganti pengurus yang masa tugasnya telah berakhir. Jumlah anggota yang mencapai 802 orang masih harus dapat bertambah untuk dapat terus mensejahterakan para anggotanya itu sendiri.
Masih menurutnya, banyak peluang-peluang usaha yang bisa dilakukan serta dikembangkan oleh para anggota koperasi dalam mensejahterakan anggotanya. Seperti pulsa dan produksi peuyeum.
Sementara itu Ketua Badan Pengawas Hj. Popi Yosep memberikan apresiasi kepada para pengurus serta badan pemeriksa koperasi ciremai yang telah dapat melaksanakan RAT, Ia berharap agar dapat mempertahankannya karena RAT Koperasi merupakan kekuasaan tertinggi dalam tatanan kehidupan berkoperasi untuk merumuskan dan menetapkan program kerja koperasi dan RAT merupakan saat yang tepat untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota selaku pemilik koperasi.
Ia berharap kepada para anggota koperasi untuk dapat terus aktif menghadiri RAT dan memanfaatkannya dalam meningkatkan kredibilitas, peran, fungsi serta manfaat koperasi dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para anggotanya.
Bupati Kuningan, dalam sambutannya mengatakan, bahwa RAT merupakan kiprah dari koperasi itu sendiri yang senantiasa harus terus dilakukan secara rutin.
Masih menurutnya, prestasi yang telah didapat patut untuk dipertahankan serta ditingkatkan dalam rangka mengeliminir permasalahan-permasalahan yang dihadapi koperasi, pada umumnya tingkat produktivitas yang rendah, efisiensi yang belum memadai, pelayanan kepada anggota dan masyarakat nelum optimal, standar mutu belum optimal kualitas SDM terbatas, permodalan lemah dan belum terbentuk jaringan kelembagaan yang solid sehingga diperlukan evaluasi efektivitas kelembagaan koperasi tersebut. Pungkasnya. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: