Navigation

TRADISI ZIARAH DI HARI JADI

Bupati Kuningan, Wakil Bupati beserta para Muspida, Ketua TP PKK dan jajaran Pejabat Kabupaten Kuningan setiap menjelang perayaan Hari Jadi mempunyai tradisi Ziarah/nyekar ke makam para leluhur atau sesepuh Kuningan yang dinilai berjasa dan mempunyai kaitan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Kuningan. Seperti kita ketahui bersama bahwa sejarah Kabupaten Kuningan tidak akan lepas dari para pendirinya yang pada masa kerajaan Kajene ( Kuningan ) merupakan para ksatria yang sangat di segani dan dihormati oleh para ksatria yang lainnya.

Oleh karena itu sudah sepantasnya kita selaku penerus cita-cita para leluhur senantiasa memberikan penghormatan menjelang Hari Jadi Kuningan ini. Konon menurut cerita, Prabu Siliwangi adalah salah satu tokoh yang luar biasa gagah dan mempunyai kedigjayaan yang sangat disegani. Sosok ini sudah sepantasnya kita semua teladani.

Tradisi Ziarah yang menurut Islam merupakan proses mendoakan para arwah yang telah meninggalkan dunia, rutin dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan menjelang perayaan Hari Jadi Kuningan yang jatuh setiap tanggal 1 september. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur atas jasa-jasanya dalam memperjuangkan Kabupaten Kuningan. Ziarah dilakukan ke makan Rama Jaksa, Makam Arya Kamuning, Makam Eyang weri, serta makam Sunan Gunung Jati di Cirebon.

Hal senada juga di katakan oleh Drs. Asep taufiq Rohman selaku ketua Panitia Perayaan Hari-hari Besar Nasional Kabupaten Kuningan, menurutnya tradisi ziarah ini rutin dilakukan setiap menjelang Hari Jadi, tujuan dari pelaksanaan Ziarah ini adalah untuk mendoakan dan memberikan penghormatan kepada para pendiri Kabupaten Kuningan ini. Karena kita semua tahu bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa leluhurnya, jelas Opik. Selain itu juga opik mengatakan bahwa Kabupaten Kuningan sedang giat-giatnya melakukan perubahan kea rah yang lebih baik, melalui momentum Hari Jadi ini saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa mendorong dan membantu suksesnya pembangunan ini, sehingga kedepan Kabupaten Kuningan merupakan Kabupaten yang maju dalam segala hal. Ajak opik.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: