Navigation

PEMBINAAN DAN BINTEK SEKDES



Sebanyak 41 orang Sekdes yang diangkat dari pormasi PNS. Sebelum terjun kelapangan diberikan pembinaan dan bimbingan teknis terlebih dahulu, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kab. Kuningan, bertempat di Permata, Kamis (19/11). Wakil Bupati Kuningan Drs. Momon Rochmana, M.Si. Tampak hadir Kepala BKD Kuningan Drs. Nurahim, M.Si. dan Kabid Mutasi BKD Drs. Ade Priatna, M.Si.
Desa mempunyai peran dan fungsi yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pelayanan masyarakat. Karena desa merupakan tempat bertemunya kebijakan pemerintah dan aspirasi dari masyarakat, tempat dikoordinasikannya program-program pembangunan yang masuk ke wilayah perdesaan.
Disamping itu, sebagai tempat terwujudnya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, tempat pemberian pelayanan kepada masyarakat secara langsung dan tingkat tingkat pemerintahan yang mendukung secara langsung pemerintahan kabupaten.
Dalam upaya meningkatkan performance pemerintahan desa, salah satunya adalah dengan mengisi jabatan sekretaris desa dari pegawai negeri sipil, karena dengan diisinya jabatan sekretaris desa, Wakil Bupati mengharapkan, pelaksanaan tugas pemerintahan dan administrasi desa akan lebih efektif; sekretaris desa akan mempunyai jam kerja yang lebih efektif dan fungsi fungsi koordinasi akan lebih baik
''Untuk itu, sudah sepatutnya apabila kondisi ini disikapi dengan tekad dan sikap yang teguh untuk melaksanakan tugas dengan baik, penuh disiplin, dedikasi dan loyalitas, dimanapun saudara bertugas, karena pada prinsipnya saudara telah menyatakan kesiapan untuk melaksanakan tugas dimanapun saudara ditempatkan,"tegasnya.
Ada hal yang perlu diperhatikan selaku Sekdes karena pekerjaan ini cukup menantang, disamping memerlukan kemampuan administratif juga memerlukan sikap yang lebih arif dan bijaksana. Karena berhubungan langsung dengan masyarakat desa.
"Namun saya yakin sebuah pekerjaan jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, tidak akan ada pekerjaan yang sulit. Sehingga tidak perlu khawatir tidak mampu melaksanakannya, terlebih lagi sudah ada peraturan daerah yang mengatur tugas dan fungsi sekretaris desa," katanya.
Untuk itu, Wakil Bupati meyakinkan semua Sekdes yang baru ini akan mampu melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab, seiring waktu berjalan sambil terus belajar, maka kemampuan akan datang (learning by doing)
Ditambahkannya, kunci keberhasilan dalam melaksanakan amanah ini adalah kemampuan untuk mewujudkan kebersamaan, baik dengan kepala desa, perangkat desa lainnya, BPD, Lembaga Kemasyarakatan dan komponen masyarakat lainnya.
Untuk mewujudkan kebersamaan ini, Wakil Bupati mengingatkan, untuk melakukan langkah-langkah, diantaranya komunikasi secara intensif dengan berbagai komponen masyarakat; mengedepankan musyawarah dalam berbagai kegiatan dan pemecahan masalah, mengembangkan sikap terbuka dalam manajemen pemerintahan desa terutama keuangan desa.
Ditegaskan Wakil Bupati Kuningan, kedudukan sebagai Sekdes tidak berlaku untuk seumur hidup melainkan ini hanya sebuah proses kepegawaian. Karena mereka juga bagian dari PNS sehingga mempunyai hak yang sama. Tidak menutup kemungkinan yang memiliki prestasi mendapatkan kedudukan di organisasi yang lebih besar.
Dan perlu diingatkan kesuksesan seorang pegawai bukan dari orang lain dan dimana berawal ditempatkan melainkan dari prestasi, loyalitas, disiplin, keuletan dan keiinginan untuk maju. Seperti contohnya Atang Aprudin yang semula hanya petugas agenda surat dengan keinginan yang besar untuk mau belajar dia mampu menjadi Sekretaris Kota Bandung.
Sementara itu, Kepala BPMD Drs. Ir. H. Durachman, MM. melalui Kabid Pemdes Drs. Agus Sumitra, M.Si. mengatakan maksud kegiatan ini, sebagai orientasi tugas PNS yang ditugaskan menjadi Sekdes. Untuk mendukung terselenggaranya pemerintahan desa. Dengan tujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan Sekdes dibidang pemerintahan, pengelolaan administrasi dan mempersiapkan mental PNS dalam menjalankan tugasnya.
Disebutkannya, jumlah peserta pelatihan di bagi 2 angkatan. Untuk tahap pertama sebanyak 41 orang yang sekarang ini mengikuti latihan. Untuk tahap peserta tahap kedua adalah Sekdes non PNS yang masih menduduki jabatan sekdes dan kepala urusan sebanyak 119 orang.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: