Navigation

ONE MAN ONE TREE dicanangkan di UNIKU



Kondisi geomorfologis yang dimiliki oleh Kabupaten Kuningan menempatkan Kabupaten Kuningan pada posisi dan peran yang signifikan sebagai daerah penyangga bagi kabupaten sekitarnya. Pendeklarasian Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi dapat dimaknai sebagai satu milestone dalam upaya pengokohan dan penegasan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten yang memiliki consen tinggi terhadap upaya-upaya pelestarian sumber daya alam. Komitmen ini perlu dipahami dan dibangun bersama oleh semua komponen masyarakat Kabupaten Kuningan. Kegiatan-kegiatan yang bersifat mobilisasi oleh pemerintah tidak cukup untuk mewujudkan kabupaten konservasi, perlu kesadaran dan partisipasi masyarakat agar makna "Kabupaten Konservasi" tidak hanya berasal dari gaung kegiatan-kegiatan fisik proyek semata, namun pemahaman esensi konservasi telah terinternalisasi dalam kehidupan masyarakat dan bisa tumbuh sebagai budaya masyarakat Kabupaten Kuningan. Adapun langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi adalah dengan membangun Kebun Raya Kuningan yang terletak di desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, selain itu juga Kabupaten Kuningan telah menetapkan program-program yang berhubungan langsung dengan pelestarian lingkungan seperti : Pepeling (Pengantin Peduli Lingkungan), PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat), Muatan Lokal kurikulum pendidikan lingkungan (SD, SLTP, SLTA), Rehabilitasi Situ/ Embung, Rehabilitasi Lahan Kritis, dan sebagainya. Demikian dikatakan Dendy Warsita dalam laporannya.

Bupati Kuningan dalam kesempatan acara mencanangkan Program One man One Tree (Satu Orang satu Pohon), mengatakan bahwa Kabupaten Kuningan adalah merupakan Kabupaten penyangga bagi daerah disekitarnya, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan akan tetap konsen dengan program pelestarian lingkungan. Seperti yang terdapat dalam visi kabupaten Kuningan adalah "Kuningan lebih Sejahtera Berbasis Pertanian dan Pariwisata yang Maju dalam Lingkungan Lestari dan Agamis", kata lestari tersebut merupakan pencerminan dari suasana lingkungan yang lestari tanpa terkontaminasi oleh polusi-polusi yang dihasilkan oleh industri. Melalui program sekarang ini One Man One Tree adalah sebagai salah satu bukti Kabupaten Kuningan tetap memegang komitmen untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap terpelihara dengan baik.

Baru-baru ini Kabupaten Kuningan telah menetapkan Perda no 10/ 2009, tentang pelestarian satwa burung dan ikan, sebagai salah bukti kepedulian kita terhadap lingkungan. Dan kita juga patut berbangga karena Kabupaten Kuningan telah meraih penghargaan Adipura dan Adiwiyata. Satu-satunya tantangan terberat dalam mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi adalah memaduserasikan derap kemajuan pembangunan fisik dan ekonomi dengan upaya menjaga lingkungan yang lestari, tegas Aang.
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. dulu saya punya teman, SMPN 2 Malang th 1973, Endang Endrakasih namanya.. aq g th skrg dia dmn,dia sangat" pandai,baik hati, keibuan n msh punya banyak kelebihan, mungkin jg dia keturunan cina + jawa, aq sering dibantu dlm sgl hal.... kini aq teringat padanya. terakhir komunikasi dia kuliah di IPB bogor, ada yg bs membantu q? mungkinkah orang di Foto yang memegang sangkar burung adalah yang saya cari....???? jika benar tolong konfirmasi saya.

    NETTY MURHAWATI, KEDIRI
    HP. 08123433866
    FB. Nyai Dewi Sri Kunthi

    BalasHapus