Navigation

BERHASIL REHABILITASI LAHAN DAN HUTAN, BUPATI KUNINGAN RAIH PENGHARGAAN DARI PRESIDEN RI





Komitmen serta konsistensi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan rehabilitasi lahan dan hutan berbuah manis dengan diraihnya penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Senin (28/11/2016) Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, menerima penghargaan sebagai pemenang ke II lomba penanaman dan pemeliharaan pohon kategori kinerja bupati.
Penghargaan diserahkan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo saat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta pemecahan rekor dunia penanaman pohon serentak di Desa Tasik Harjo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.
Acara sendiri diawali dengan penanaman pohon di tanah seluas 23 ha dengan target 238.000 pohon dalam 1 jam oleh 5000 orang yang terdiri dari petani, mahasiswa, pelajar, dan anggota Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh). Untuk diketahui saat ini rekor dipegang negara Filipina dengan penanaman pohon sebanyak 223. 
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan penanaman dan pemecahan rekor memberikan refleksi terhadap dunia. "Saat ini kita menanam untuk 25 tahun kedepan untuk dinikmati generasi yang akan datang," ujarnya. Menurutnya, kegiatan ini diarahkan untuk menyeimbangkan pengalihan fungsi hutan atau deforestasi dan degradasi, agar dapat mempertahankan hutan sebagai bagian penting dari bumi. Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan kegiatan ini langkah strategis menjaga Indonesia tetap hijau dan bagian dari paru-paru dunia. "Kedepan kita tidak boleh kehilangan generasi yang tidak tahu hutan dan fungsinya, rehabilitasi lahan dan hutan menjadi bagian penting menyelamatkan keberadaan hutan," ungkapnya.
Presiden menekankan agar lahan dan hutan tidak diserahkan kepada pihak korporasi namun kita harus mengkorporasikan petani sehingga manfaat lahan dan hutan dapat dinikmati oleh petani itu sendiri.
Usai menerima penghargaan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH, mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Kuningan yang telah mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. "Sebaik apapun kebijakan yang digulirkan pemerintah daerah tidak akan berjalan dengan baik dan menghasilkan manfaat apabila tidak didukung warga masyarakatnya." Bupati berharap dengan diraihnya penghargaan ini dijadikan pelecut bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk terus berkarya, membangun, dan mewujudkan kuningan sebagai kabupaten konservasi. ***beben
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: