Navigation

BUPATI KUNINGAN RESMIKAN IPA SURAKATIGA




Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda  meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA)  Surakatiga pada Senin (07/9)   di IPA Surakatiga Winduhaji Kuningan,  hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para kepala SKPD, Para Kepala Bagian, dan para undangan lainnya.
Instalasi Pengolahan Air (IPA) Surakatiga merupakan Instalasi Pengolahan Air yang memamfaatkan air dari bending Surakatiga sebesar 50 Liter/detik, proses pembangunan instalasi serta jaringan transmisi dan distribusi dilakukan kurang lebih selama 3 (tiga) Tahun anggaran  2012, 2013 dan 2014, untuk pembangunan di Hulu  mulai Intake, IPA sampai Transmisi dilaksanakan oleh APBN, pembangunan jaringan distribusi  utama  dilaksanakan  oleh APBD provinsi dan APBD  Kabupaten dan PDAM menyediakan lahan dan perijinan.
“ salah satu yang mungkin mendapat perhatian dari kita semua adalah terkait maslaah sumber mata air terutama  pada musim kemarau. Perlu kita maklumi bersama bahwa isntalasi ini memanfaatkan sumber daya dari sungai, sehingga untuk memenuhi kebutuhan produksinya  akan sangat tergantung pada ketersediaan air dari aliran sungai Cisanggarung” kata Direktur PDAM Kuningan Deni Erlanda, SE, M,Si
Deni Erlanda juga  melaporkan bahwa pada tahun anggaran 2015  melalui dana dari APBD Provinsi Jawa Barat  PDAM Kuningan sedang melaksanakan pengembangan pipa retikulasi serta sedang mengupayakan pemasangan sambungan rumah pada 7(tujuh) Desa di kabupaten Kuningan Timur bagian Selatan yang meliputi  Deasa Cikananga, Langseb, Cinagara, Cineumbeuy, Mancagar, Lebakwangi dan Cipetir.
Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda  dalam sambutannya  menjelaskan  bahwa pembangunan IPA Surakatiga  berupakan bukti dari upaya perjuangan PDAM “ Alhamdullilah melalui proses negosiasi yang panjang  dan melelahkan serta proses pembangunan yang ditempuh secara berkelanjutan dalam kurun 3 tahun  dengan program “ Multi Years” akhirnya dapat kita saksikan sendiri saat ini  bangunan IPA itu berdiri megah dihadapan kita dan sudah siap dimanfaatkan”
Hj. Utje Ch Suganda  menyampikan bahwa Instalasi Pengolahan Air Surakatiga  dibangun untuk mengolah air baku sebesar 50 liter/detik dengan mengambil  sumber air dari bending Surakatiga dengan perkiraan mampu melayani kurang lebih 5000 sambungan rumah yang diprioritaskan untuk melayani masyarakat Kuningan Timur bagian Selatan baik itu pada wilayah yang sudah terpasang jaringan pelayanan PDAM maupun wilayah yang saat ini sedang dan akan dibangun jaringan distribusinya.
“ dengan terbangunnya IPA Surakatiga ini, mudah-mudahan apa yang menjadi harapan PDAM untuk menambah sambungan layanan dan peningkatan cakupan layanan dapat terwujud sesuai target yang tentunya akan berdampak  pula terhadap peningkatan kesehjateraan masyarakat di Kabupaten Kuningan” Kata Bupati Kuningan ------YTS_-----

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: