Navigation

HAJAT DESA MALEBER



Di sebuah desa dikabupaten Kuningan Jawa Barat, tepatnya dekat Pasar Maleber terdapat sebuah tradisi yang sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih terus berlanjut. Tradisi tersebut sering dikenal dengan “Hajat Desa”. Hajat Desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pada tanggal 1-2 Syawal untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri. Hajat Desa ini intinya merupakan sebuah acara Khitanan Massal anak-anak di desa tersebut. Uniknya pada khitanan ini adalah setiap peserta khitan harus menggunakan kostum yang bertemakan tentang kebudayaan sekitar. Dan akan diarak mengelilingi desa dengan menggunakan delman atau istilah lain dengan Ngencar. Ngencar sendiri merupakan kegiatan mengarak anak sunat keliling desa dengan menggunakan delman atau andong.
Malam sebelum diadakannya acara ini yaitu dimulai dengan khataman Al-Qur’an oleh para peserta khitan yang dimulai dari ba’da isya sampai dengan selesai. Di tempat lain, tepatnya di balai desa atau didekat masjid diadakan Kosidahan yang bertujuan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan di pinggir jalan terdapat para pedagang kaki lima yang berjualan dari Pasar Maleber hingga ke alun-alun desa.
Selain kosidahan juga terdapat pertunjukan drama oleh pemuda-pemuda sekitar desa. Yang pada saat itu mengangkat tema tentang “Kekayaan Alam Indonesia. Acara pada malam tersebut berakhir pada pukul 24.00. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti pada esok harinya.
Keesokan harinya pada hari ke-2 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara Ngencar yang tadi telah dijelaskan diatas. Sebelum itu para peserta khitan akan didandani layaknya seorang wayang orang, ustadz, pahlawan kemerdekaan dan lain-lain sebelum diarak mengelilingi desa. Dan uniknya disini peserta khitan akan diarak dengan diiringi pawai dari kreativitas pemuda desa. Seperti traktor dari kardus, tank dari triplek dan lain lain. Dan pengunjung sekitar juga dapat menikmati arak-arakan ini hanya dengan menyewa delman dengan harga relatif antara Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- atau tergantung negosiasi pengunjung dan kusir. Namun anda harus memesan delman tersebut jauh-jauh hari, karena biasanya delman tersebut disewa oleh para pengunjung pada 1 bulan sebelum acara diadakan. Atau anda tidak akan dapat menyewa delman tersebut.
Keesokan harinya pada hari ke-3 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara inti berupa Khitanan Massal. Semua peserta khitan akan dikhitan secara massal disuatu tempat. Seperti inilah Kegiatan Kemasyarakatan atau Kebudayaan masyarakat sekitar yang disebut dengan Hajat Desa dan hingga kini masih berlangsung. *DoniS*

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: