Navigation

LONGSOR SELAJAMBE TUTUP AKSES KUNINGAN KOTA-SELAJAMBE


Ruas Jalan Kabupaten penghubung Kuningan Kota dengan Kecamatan Selajambe dan Subang yang tergusur longsor di Blok Luluk, Dusun Cipicung, Desa Padahurip Kecamatan Selajambe kini hanya bisa dilalui pejalan kaki. Lalu lintas berbagai jenis kendaraannyang terhambat titik longsor tersebut sementara ini terpaksa memilih jalur alternatif melalui wilayah Kabupaten Ciamis.
Puluhan meter bagian ruas jalan tergusur longsor hingga terkubur, total ukuran tanah dari pekerjaan pembuatan alur relokasi jalan tersebut. Sementara alur untuk pengalihan ( relokasi ) disamping bagian jalan tergusur longsor itu kondisinya belum memungkinkan dilalui kendaraan.
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda saat meninjau pengerjaan relokasi jalan di titik longsor bersama Kepala Dinas Bina Marga H. Rusliadi, sabtu 5/1 menyebutkan, proses pembuatan jalan relokasi itu memerlukan waktu sekitar 40hari lagi. Untuk kepentingan transportasi masyarakat menggunakan kendaraan, sementara bisa melalui jalur Kecamatan Ciwaru-Cilebak-Subang atau yang lebih dekat bisa melalui alternatif wilayah Ciamis. “ Nanti saya kontak Bupati Ciamisnya “.
Longsor menyeret  puluhan meter ruas jalan utama penghubung Kuningan Kota dengan Kecamatan Selajambe dan Subang itu terjadi pada Selasa 1/1 malam sekitar pukul 20.30 WIB. Longsor tersebut menyeret lebih dari separuh ruas jalan sepanjang lebih kurang  35meter. Untuk menyambungkan jalan terputus longsor itu Pemkab Kuningan melalui Dinas Bina Marga, kini sedang membangun alur jalan baru sepanjang 250meter memapas tebing bagian atas jalan terputus longsor. Material tanah serta batu dari kupasan tebing itu disingkirkan untuk dipadatkan mengubur total lebar badan jalan sepanjang puluhan meter disekitar titik longsor tersebut.
Sementara itu Bupati Kuningan didampingi kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan Hidayat, menambahkan gerakan tanah disekitar area longsor Dusun Bungurberes Kecamatan Cilebak hingga saat ini masih terus terjadi. *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: