Navigation

SITU JADI DAYA TARIK WISATA KUNINGAN



Komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi senantiasa terus dilakukan, salah satu upaya yaitu dengan pembangunan embung atau situ. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menampung air sehingga nantinya air tersebut dapat diatur dalam penggunaannya, menghindari kekurangan air bilamana dihadapkan dengan musim kemarau dan dapat juga dijadikan sebagai objek wisata.
Selasa (14/12). Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana, MM didampingi  Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Kuningan (SDAP), Drs. Ir.H.Rusliadi,MSI., MM serta Sekretaris Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Drs. Udit Rukdi S.Sos, M.Si melakukan peninjauan ke 3 situ yang telah rampung pembangunannya yaitu situ Cilaja Desa Cilaja, Situ Indang Desa Ragawacana yang keduanya berada di Kecamatan Kramatmulya serta situ bulakan desa randobawa girang kecamatan mandirancan.
Menurut Wakil Bupati Kuningan saat meninjau Situ, dengan dibangunnya situ dapat dijadikan tempat  untuk menampung air atau stok air. Sehingga persediaan air ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat baik dalam musim kemarau, untuk perumahan, irigasi, ataupun penyaluran air ke daerah lain.  Selain itu  penataan  lingkungan sekitar dapat dilestarikan dengan memadukan keberadaan situ.
“Selain itu dapat juga dijadikan objek wisata, terlebih lagi situ yang sebelumnya termasuk lokasi wisata. Dengan harapan dapat menambah PAD, tentunya harus dilengkapi dengan daya tarik lainnya,” Ujarnya
Wabup  Momon mengatakan, dengan dibangun atau direhabilitasinya  situ penataan lingkungan yang berada dibeberapa desa menjadi lebih nyaman dan indah, dimana keberadaan sebelumnya masih tidak terbentuk ditambah lagi keadaan tanah yang dangkal. Tetapi setelah dilakukan pembangunan  kedalamnya pun bertambah. Hal ini dapat berdampak juga pada jumlah daya tampung air disitu meningkat.. “Keberadaan situ  dapat digunakan juga untuk menebar  benih ikan, yang  nanti bisa dinikmati masyarakat,”tambahnya.
Untuk 2010 Pembangunan situ tersebar dibeberapa kecamatan, diantaranya  Situ Cirombeng Kec. Karangkencana dengan ruas areal 0,32 ha ditambah dengan Jaringan irigasinya sepanjang 400 m, Situ Puseuran 1,8 ha  Desa Cikandang Kec. Luragung ditambah dengan Jaringan irigasi dan suplesi Situ Puseran 163 m.
Disamping itu, Kecamatan Jalaksana dilakukan rehabilitasi di 2 situ, yakni Situ Balong Dalem areal 0,40 ha dan Situ Cibulakan areal 121 ha. Untuk Kecamatan Cigugur Situ Paleben dengan area 0,45 ha ditambah jaringan irigasi sepanjang 131 m, Kecamatan Cibeurem dibangun Jaringan irigasi Cibedil sepanjang 300 m, Kecamatan Selajambe Jaringan Irigasi  Cijolang dengan panjang 150 dan jaringan irigasi Cinangka 150 m Kec. Darma.
Diungkapkannya jumlah waduk/situ yang telah terdata sampai dengan tahun 2010  sebanyak 99 buah yang tersebar hampir di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.
“Hal ini  menunjukan bahwa Kuningan memiliki potensi air yang  melimpah, hanya tinggal bagaimana pemanfatan dan pengelolaannya. Sehingga akan berguna untuk  kehidupan masyarakat Kuningan dan daerah lain dalam jangka waktu yang panjang,” ungkapnya.(Bn)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: