Navigation

WABUP CANANGKAN BELA NEGARA





Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH mencanangkan hari bela negara tahun 2014 dalam sebuah upacara sederhana yang diadakan di halaman Setda Kabupaten Kuningan Jumat 19/12. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda H. Yosep Setiawan, Ketua Pengadilan Agama H. Abdul Baasyir, MA, serta undangan dari SKPD se-Kabupaten Kuningan.
Dalam sambutannya Wabup mengatakan, Konstitusi mengamanatkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, amanat konstitusi ini tentu saja tidak lahir dalam ruang kosong, namun berakar dari sejarah perjuangan bangsa. Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai negara bangsa yang berdaulat tidak lepas dari perjuangan seluruh kekuatan rakyat, mulai dari petani, pedagang kecil, nelayan, dan elemen rakyat lainnya untuk membela tanah air.
Pada meomen peringatan hari bela negara hari ini, saya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menatap masa depan. Saat ini tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan  bangsa sifatnya sudah multidimensi, artinya ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau fisik semata, akan tetapi sudah berkembang baik fisik maupun non fisik. Ancamn berkembang menjadi bersifat multimedimensi karena karakter ancaman dapt bersumber dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, sehingga hal ini mengahruskan kita untuk mendefinisikan ulang apa yang kita maksud dengan “ Bela Negara “. Papar Wabup.
Lebih lanjut wabup memaparkan, sesuai dengan program Pemerintah Pusat yakni mempertahankan kedaulatan maritim, dengan aadanya pencurian ikan ratusan juta ton dari perairan Indonesia , upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan adalah bela negara. Upaya untuk bisa tegak berdiri dikaki sendiri secara ekonomi juga adalah upaya bela negara.
Selain itu, ancaman atas kedaulatan kita muncul dari tindak pidana kejahatan luar biasa yakni korupsi yang telah nyata-nyata merusak pondasi kekuatan kita sebagai bangsa dan mejauhkan rakyat dari kesejahteraan.  *DoniS*
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: