Navigation

KECAMATAN DAN DESA PINGGIRAN DOMINASI PENGHARGAAN PBB





Kecamatan dan Desa yang berada di wilayah yang jauh dari pusat kota mendominasi penghargaan PBB yang diselenggarakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan selasa 23 Desember 2014 yang bertempat di Rumah Makan Lembah Ciremai. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda, Ketua DPRD Rana Suparman, S.Sos, Wakapolres Kuningan Kompol Dian Setiawan, S.ik. Kajari Kuningan Herwatan, SH, Kasdim Mayor Bambang S. Serta para camat dan Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
Sebagai wujud apresiasi serta upaya stimulasi kepada Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kuningan yang telah bekerja keras dalam optimalisasi pemungutan PBB-P2, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dispenda memberikan penghargaan PBB-P2 tingkat Kabupaten Kuningan. Dengan penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan kinerja camat dan kepala desa sebagai ujung tombak pemungutan PBB-P2.
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan dalam sambutannya mengatakan, setelah melalui berbagai tahapan persiapan yang cukup panjang, pada tahun 2014 ini kita telah bersama-sama menyukseskanpelaksanaan pengelolaan PBB-P2 secara penuh mulai dari pengolahan data dan SPPT, pemungutan PBB-P2, serta pelayanan PBB-P2 kepada masyarakat wajib pajak di Kabupaten Kuningan.
Sementara itu Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda dalam sambutannya mengatakan, tahun 2014 adalah tahun pertama pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor perdesaan dan perkotaan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Dengan beralihnya PBB menjadi pajak daerah, maka realisasi penerimaan PBB menjadi salah satu komponen pendapatan asli daerah yang berati baha realisasi penerimaan PBB sepenuhnya menjadi hak daerah dan dapat langsung dimanfaatkan untuk kepentingan daerah.
Oleh karena itu tidak berlebihan apabila saya berharap agar pengelolaan PBB setelah menjadi pajak daerah dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih optimal sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat.
Lebih lanjut Utje mengatakan, meskipun tahun pertama pengelolaan PBB oleh daerah namun berkat kesungguhan, kerja keras dan kebersamaan yang ditunagkan dala bentuk pelayanan kepada masyarakat selaku wajib pajak, ternyata kita mampu untuk mengelola PBB sebagai pajak daerah.
Adapaun kecamatan dan desa yang berhasil meraih penghargan PBB adalah :
Kecamatan :
1.      Kategori Rp. 250jt, juara 1 Kecamatan Cibeureum, Juara 2 Kecamatan Cilebak, Juara 3 Kecamatan Hantara.
2.      Kategori Rp. 250 Jt s/d 300jt, juara 1 Kecamatan Selajambe, Juara 2 Kecamatan Cipicung, Juara 3 Kcamatan Nusaherang.
3.      Kategori Rp. 300jt s/d 342jt, Juara 1 Kecamatan Cimahi, juara 2 Kecamatan Japara, juara 3 Kecamatan Sindangagung.
4.      Kategori Rp. 342jt s/d 380jt, juara 1 Kecamatan Subang, Juara 2 Kecamatan Ciwaru, juara 3 Kecamatan Cibingbin.
5.      Kategori 380jt s/d 550jt, Juara 1 Kecamatan Cigandamekar, Juara 2 Garawangi, juara 3 Kecamatan Maleber.
6.      Kategori diatas 550jt, juara 1 Kecamatan Luragung, Juara 2 kecamatan Cilimus, juara 3 Kecamatan Ciawigebang.

Desa :
1.      Kategori 17jt, juara 1 Desa Sumurwiru, juara 2 Desa kawungsari, juara 3 Desa Tarikolot, juara 4 Desa Cimulya.
2.      Kategori 17jt s/d 24jt, juara 1 Desa Windusari, jura 2 Desa Randusari, jura 3 Desa Dukuhlor, juara 4 Desa Gunungsari.
3.      Kategori 24jt s/d 32jt, juara 1 Desa Sukarapih, juara 2 Desa Karangmuncang, juara 3 Desa Walaharcageur, juara 4 Desa Citapen.
4.      Kategori 32jt s/d 38jt, juara 1 Desa Cimara, juara 2 Desa Cimahi, juara 3 Desa Kananga, juara 3 Desa Jatisari.
5.      Kategori 38jt s/d 50jt, juara 1 Desa cibeureum, juara 2 Desa Garajati, juara 3 Desa Kutawaringin, juara 4 Desa Selajambe.
6.      Kategori diatas 50jt, juara 1 Desa Margamukti, juara 2 Desa Tangkolo, juara 3 Desa Cileuya, juara 4 Desa Bunigeulis.

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: