Navigation

Bupati panen padi di Desa Cidahu




Bupati Kuningan  Hj. Utje Ch Suganda melakukan panen padi  Idem Farm Pengelolaan Tanaman terpadu (PTT) di Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan  pada Kamis (20/11). Hadir juga dalam kesemptan tersebut Dandim 0615 Kuningan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun, Camat Pasawahan serta masyarkat desa Cidahu Kecamatan Pasawahan.
Kepala desa Cidahu kecamatan Pasawahan Abdul Wahab mengungkapkan kegembiaraanya atas atas terselenggaranya panen padi yang dibuka langsung oleh bupati Kuningan “ hal tersebut menunjukan bahwa bupati Kuningan emmpunyai kepedulian yang besar terhadap para petani  selain itu juga saya sangat bersyukur karena panen pada saat mendapatkan hasil yang sangat baik, terutama  dengan diterapkannya cara tanam Jajar Legowo” Kata Kepala Desa Cidahau.
Teknologi legowo  sendiri merupakan rekayasa teknik tanam dengan mengatur jarak tanam antar rumpun dan antar barisan sehingga terjadi pemadatan rumpun padi dalam barisan dan melebar jarak antar barisan sehingga seolah-olah rumpun padi berada dibarisan pinggir dari pertanaman yang memperoleh manfaat sebagai tanaman pinggir (border effect) hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa ketika memberikan sambutannya. “ Capaian produktivitas setiap wilayah di Kabupaten Kuningan berbeda, yang tertinggi di wilayah Kecamatan Pasawahan dengan produktivitas 67 Kw Gabah Kering Giling /HA, samai dengan Bulan Oktober 2014 rat-rata 61,89 Kwintal   GKG/HA dan sisa tanaman yang bisa dipanen antara bulan November dan Desember 2014 dapat mencapai diatas 62 Kw GKG/HA dan produktivitas Kabupaten Kuningan rangking ke 11 se jawa Barat dari 27 Kabupaten dan kota” kata Ir Bunbun Budhiyasa.
Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya  mengungkapkan bahwa  pembangunan pertanian  adalah salah satu  kegiatan yang  sangat strategis  untuk mendorong  perekonomian kerakyatan , selain dapat memenuhi kebutuhan pokok. “ untuk mendorong program peningkatan produksi beras nasional (P2BN) Surplus 10 juta ton pada tahun 2014, dan 2 Juta Ton tingkat provinsi Jawa Barat, Kabupaten Kuningan pada tahun 2013 mempunyai andil Surplus 75,334 ton dengan tingkat produktivitasnya mencapai 61, 91 kuintal gabah kering “ Kata Bupati Kuningan.
Bupati juga berharap dengan terus menggali dan menerapkan suatu teknologi yang salah satunya adalah dengan pola pengelolaan tanaman terpadu (PTT) di Kabupaten Kuningan tahun 2014 dapat mengingkatkan produktivitas lebih dari 62,000 Kuintal gabah kering giling (GKG) hal ini akan lebih besar surplus dibanding tahun sebelumnya ---Yohanes--


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: