Navigation

SAPTONAN JADI HIBURAN RAKYAT KUNINGAN




Tradisi Saptonan merupakan salah satu warisan leluhur Kabupaten Kuningan, tradisi yang merupakan lomba ketangkasan dalam menunggangi kuda dan memasukan tombak kedalam lubang yang ada di bawah ember yang digantung di atas tempat yang telah disediakan oleh panitia saptonan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya tradisi ini selalu mendapat sambutan dari masyarakat terutama masyarakat sekitar tempat dilaksanakannya lomba saptonan ini. Pada tahun ini Saptonan dipusatkan di Lapangan Desa Kertawangunan Kecamatan SIndangagung. Tradisi Saptonan yang selalu diikuti oleh kuda-kuda Kuningan yang terkenal kuda yang sangat gesit ini selalu mempertontonkan sesuatu yang menarik, selalu ada saja kejadian-kejadian yang unik baik yang diperlihatkan oleh si penunggang kuda maupun oleh kuda itu sendiri.

Kegiatan yang sangat bernilai seni dan budaya tinggi ini setiap tahun banyak diminati oleh wisatawan lokal ini, merupakan suatu kebudayaan yang bernilai jual tinggi jika dikemas dalam suatu acara yang menarik dan dipromosikan ke tingkat nasional maupun internasional sekalipun. Sayangnya kegiatan yang bagus ini belum bisa mendatangkan wisatawan-wisatawan asing yang tentunya nantinya akan mendatangkan nilai ekonomi bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda menghadiri secara langsung kegiatan ini dengan mengenakan pakaian adat sunda ( kebaya ) mengatakan, sangat bangga terhadap saptonan yang merupakan tradisi tahunan dalam perayaan hari jadi Kuningan. Pada pergelaran saptonan kali ini kelihatan masyarakat sangat antusias sekali maka untuk tahun-tahun yang akan datang saya harapkan kegiatan ini dikemas dengan baik sehingga dapat memberikan tontonan yang lebih menarik dan dapat mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat kuningan. Pinta Utje.

Hadir juga dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Sekda H. Yosep Setiawan, Ketua DPRD Rana Suparman, S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan  Dr. H. Prayitno Iman Santosa, S.H., MH, Waka Polres Kuningan AKP Rizal Martono, Sik, Dandim 0615 Letkol CZI Dindin Kamaludin, Ketua Pengadilan Agama Abd. Basyir, M.Ag, Kajari Kuningan H. S. Tagamal, SH, MH. *DoniS*


Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: