Navigation

MONITORING REALISASI DANA ALOKASI DESA PERADABAN




Desa Darma merupakan salah satu desa di Kabupaten Kuningan yang menerima dana alokasi program desa membangun menuju desa peradaban tahun 2010, Program Desa Mandiri dalam Perwujudan desa peradaban yang digulirkan  Gubernur  Jawa Barat tersebut sudah mulai terealisasi bahkan sudah mulai rampung, Selasa (8/2) Wakil Bupati Kuningan Drs Momon Rochmana MM, meninjau langsung hasil pelaksanaan kegiatan program Desa Mandiri dalam Perwujudan Desa Peradaban ke desa Darma.
Pada kesempatan itu Wabup Drs Momon Rochmana MM didampingi Kabag Humas Agus Mauludin, SE, Kabid BPMD Syarifudinsyah, Camat Saduddin serta Kades Darma Yadi Suharyadi meninjau langsung beberapa titik pembangunan diantaranya, Renovasi balai desa, pembangunan sanitasi/WC SDN Darma 2, rehabilitasi jalan gang, senderan dan drainase, rehabilitasi rumah tidak layak huni, Rehabilitasi mesjid Jamie 1 dengan pembangunan tempat wudlu serta pembangunan warung PKL blok Cibitung.
Adapun besarnya dana yang diterima oleh masing-masing desa adalah sebesar 1 milyar rupiah yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2010. dengan harapan Program desa membangun menuju desa peradaban mampu:
1.      Mendorong tumbuh dan berkembangnya prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat
2.      Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan organisasi yang berakar pada masyarakat desa
3.      Membangun sinergi berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa dalam konteks kewilayahan
4.      Mendorong tumbuhnya kesalehan sosial dengan wujud kesetiakawanan sosial dalam konteks pembangunan desa
5.      Meningkatkan peran dan fungsi lembaga masyarakat terutama dalam menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap pelaksanaan program-program pembangunan desa   

Selain memonitor realisasi pembangunan dari dana alokasi desa peradaban Wabup Momon juga berkesempatan mengunjungi pabrik produksi Opak Kartika (Karya ti kampung) yang merupakan makanan tradisional asli warga desa Darma.
Wabup Momon kembali meneruskan kegiatan monitoring dengan mengunjungi pembangunan kolam terapi ikan OW Darmaloka, sumber daya alam berupa air yang melimpah tersebut terus menjadi fokus pemberdayaannya kini dengan bergulirnya program Desa Mandiri dalam Perwujudan desa peradaban objek wisata balong keramat itu mengalami beberapa renovasi baik itu bangunan maupun fasilitas-fasilitas wisata lainnya yang mendukung. (Bn)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: