Navigation

MAULID NABI “MENELADANI AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW”




Tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan dihampir semua masyarakat muslim di seluruh dunia merupakan tradisi kuat yang dimiliki kaum muslim, Ada hal terpenting dalam peringatan Maulid Nabi, di antaranya memperkokoh keimanan kepada Allah dan Rasul SAW.
melalui menanamkan pada diri generasi kecintaan kepada Nabi SAW, yang melahirkan ketaatan kepada Allah dan Rasulullah dengan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW. Sehingga suri tauladan kehidupan (uswah hasanah) Muhammad SAW dapat diserap dalam pikiran dan perilaku mereka.
Seperti halnya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar dikelurahan Winduhaji kecamatan Kuningan, Minggu (6/2). Perayaan yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti pawai alegoris, replika Unta yang ditunggangi calon anak sunat sebanyak 34 orang serta miniatur mesjid yang diarak kesekeliling lingkungan kelurahan Winduhaji memeriahkan perayaan Nabi Muhammad SAW.
Selain itu perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diisi dengan ta’aruf, Siraman Rohani, Warung Amal, Lomba Cerdas Cermat, Musabaqoh dan Asrokol.”Peringatan Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW sengaja dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang mempunyai makna tersendiri, hal ini baru dilaksanakan untuk ke 5 kalinya”. Ujar Ikin Sodikin, S.Sen dalam laporannya.
Menurutnya, momentum maulid Nabi ini diselenggarakan bukan hanya seremonial saja melainkan lebih penting lagi memaknainya, terutama untuk mencontoh akhlak Rosulullah,  menerapkan  dan melestarikannya.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Aang mengatakan, kegiatan-kegiatan ini sangat positif sebagai upaya pembekalan rohani dan membangun karakter yang mengarah pada upaya penguatan atau penanaman aqidah dan akhlak yang sesuai syariat islam.
“Kegiatan-kegiatan ini semua merupakan satu sumbangsih yang sangat berharga juga bernilai dalam turut serta meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW”. Ungkapnya.
Lebih lanjut Ia mengatakan, merupakan hal yang sangat membanggakan bahwa ikatan remaja mesjid (IRM) Al-Muawanah kelurahan winduhaji dapat mengemas kegiatan-kegiatan keagamaan, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sehingga kita perlu mendukung gerakan kepeloporan ini sebagai kiprah menuju tegaknya syiar islam yang merupakan essensi dari misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP.PKK Kabupaten Kuningan Hj Utje Ch Suganda, Camat kecamatan Kuningan Kadjo KS, Para alim ulama, tokoh masyarakat, ketua ikatan remaja mesjid (IRM) serta Panitia peringatan maulid Nami Muhammad SAW. 1432 H. (Bn)
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: