Navigation

LPPM UNPAD GELAR KURSUS DASAR KEBUDAYAAN SUNDA DI KUNINGAN




Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kuningan, menggelar kursus dasar kebudayaan sunda angkatan X, Rabu (18/2/2015) di Hotel Grand Punama.
Kegiatan yang diikuti guru bahasa sunda se-Kabupaten Kuningan tersebut diisi dengan materi diantaranya pembukaan mengenai persoalan-persoalan Ki Sunda, oleh Rektor Unpad Prof. Dr. Ganjar Kurnia, D.E.A., Geologi Tatar Sunda Prof. Dr. Adjat Sudrajat, Politik Orang Sunda Prof. Dr. Mariana, Sejarah Sunda Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, Pupuh Raehan oleh Dr. Yus Purwadiredja, serta Kajemabaran Bahasa Sunda Prof. Dr. Cece Sobarna.
Hadir Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A.P., Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kuningan Drs. Asep Taufik Rochman, M.Si, M.Pd,
Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.A., menyambut baik kegiatan yang digelar oleh LPPM Unpad tersebut. “Kegiatan ini cukup memiliki makna mendalam, diera perubahan zaman saat ini bahasa sunda kian terpinggirkan, dikalangan anak-anak remaja malah sudah jarang memakai bahasa sunda, kondisi ini cukup menghawatirkan,” ujarnya.
Menurutnya, disamping kita harus mempelajari bahasa Indonesia, bahasa internasional, juga bahasa lainnya bukan berarti melupakan bahasa sunda yang merupakan jatidiri kita sendiri, tidak hanya itu bahasa sunda juga merupakan sebuah budaya yang patut kita pelihara.
Kegiatan ini, lanjut Ia, merupakan upaya yang harus terus dilakukan oleh semua pihak untuk terus bersama-sama menjaga serta memelihara keragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia terutama bahasa sunda.
Bupati berharap, kerjasama Unpad dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kuningan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan, dan diharapkan dengan kegiatan ini para peserta nantinya dapat menyampaikan materi-materi yang telah didapat dari kursus ini kepada anak didiknya.***ben  
Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: