Navigation

GP3A TIRTA MEKAR SEJAHTERA MASUK 5 BESAR NASIONAL



Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tirta Mekar Sejahtera desa Muncangela Kecamatan Cipicung yang termasuk daerah irigasi ancaran masuk 5 besar tingkat nasional sehingga berhak mengikuti perlombaan kinerja kelembagaan GP3A tingkat nasional.
“Daerah irigasi Ancaran mengairi lahan pertanian seluas 584 Ha di empat wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Kuningan, Kecamatan Cipicung, Kecamatan Sindangagung, dan Kecamatan Ciawigebang,” ujar Camat Cipicung Dian Fenti Asmara, S.A.P di hadapan 5 orang tim penilai dari Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi. Rabu (24/7) bertempat di sekretariat GP3A Tirta Mekar Sejahtera desa Muncangela Kecamatan Cipicung.  
Ikut menghadiri Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, Ketua Tim Penilai Baginda Siagian, Ketua GP3A dan P3A daerah irigasi ancaran dan anggotanya, Muspika Kecamatan, serta warga Desa Muncangela.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda mengatakan, Kabupaten Kuningan memiliki sumber daya air yang cukup melimpah sehingga memerlukan pengelolaan dan kehadiran organisasi GP3A dan P3A mitra cai diharapkan dapat semakin mandiri, produktif, dan dinamis dalam mengelola air irigasi dan lahan-lahan yang berkelanjutan sehingga menjadi suatu lembaga yang mampu mendinamisasi ekonomi perdesaan, meningkatkan kesempatan berusaha dan kesempatan kerja, meningkatkan nilai tambah serta kesejahteraan masyarakat.
Berkaitan dengan penilaian, Beliau berpesan kepada kelompok GP3A untuk memberikan keterangan dan pelayanan prima kepada tim penilai baik mengenai data ataupun dukungan fisik lapangannya.
Ketua Tim Penilai Baginda Siagian mengatakan berdasarkan penilaian P3A/GP3A Kabupaten Kuningan masuk dalam 5 besar tingkat nasional dan Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang pertama kali dikunjungi.
“Lomba kinerja kelembagaan ini bukan segala sesuatunya yang terpenting meningkatkan produksi pertanian untuk kesejahteraan masyarakat, “ katanya
Menurutnya, Jawa Barat memiliki lahan 1 juta hektar sementara 30% atau 300 ribu hektar diprediksi akan beralih fungsi sehingga itu menjadi kekhawatiran dan seharusnya tidak terjadi kedepan.
Ia berpesan, kelompok GP3A /P3A dapat meningkatkan kemandirian sehingga tidak tergantung kepada bantuan dari pemerintah pusat atau manapun. (beben)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: