Navigation

ANEKA USAHA : Peluang Usaha Di Masa Pensiun








Masa pensiun adalah masa yang amat membahagiakan, bagi sebagian pegawai/karyawan. Karena di masa ini, pensiunan  akan memiliki waktu yang lebih banyak lagi untuk berbagai aktivitas yang selama ini tidak bisa dilakukan. pensiunan akan memiliki banyak waktu luang untuk keluarga, dan juga untuk berbagai kegiatan produktif. Seperti menjalankan hoby yang selama ini ditinggalkan.
Para pensiunan biasanya akan menghadapi  tiga hal secara bersamaan, diantaranya  kesulitan financial, post power syndrome, dan menurunnya kesehatan secara dratis. Untuk menghadapi ketiga masalah ini rupanya kita yang masih aktif perlu mempersiapakan langkah-langkah tersebut supaya bisa dihadapi. Untuk masalah kesehatan kita mesti membiasakan untuk meluangkan waktu  berolah raga dan menjaga pola hidup, sedangkan untuk post power syndrome tentunya harus bersikap legowo bahwa kita dari masyarakat akan kembali lagi kemasyrakat.
Sementara itu untuk kesulitan financial para pensiunan tidak hanya bisa mengandalkan gaji pensiunannya saja. Pada masa sibuk dan aktif bekerja, tidak akan terpikirkan, persiapan yang perlu dipersiapkan jika pensiun, baik dari segi mental maupun financial. Menjadi trendsetter saat ini, perusahaan atau instansi pemerintah memberikan pelatihan atau training entrepreneur karyawannya sebelum pensiun. Ini merupakan terobosan yang bagus, tetapi akankah semudah itu mengubah minset seseorang, dari mental pegawai/karyawan menjadi mental entrepreneur.
Banyak karyawan begitu memasuki masa pensiun bingung menentukan aktivitas apa  yang sesuai untuk mereka setelah pensiun? Cara yang paling baik dan menghasilkan adalah berbisnis. Bisnis seperti apa yang cocok dijalankan oleh seorang pensiunan? Tentunya pilihan terletak pada bisnis yang tidak beresiko tinggi  agar masa tua pensiunan tidak berfikir terlalu keras atau bahkan membuat spot jantung. Lebih baik lagi jika, menjalankan bisnis tersebut berdasarkan hoby.
Peluang bisnis yang cocok dijalankan di masa pensiun adalah yang meliputi sektor pertanian atau perkebunan, peternakan, pariwisata atau bisnis yang bersifat investasi seperti bisnis property atau jasa persewaan.
Dapat mengambil contoh, untuk berbisnis dalam sektor perkebunan, pertanian dan peternakan. Sebagian besar bidang ini disenangi oleh para pensiunan, mengingat kebutuhan sektor ini sangat besar sekali, sedangkan produsen yang menyerapnya belum maksimal, sarana transportasi (rental mobil, motor, atau bus), dan lain-lain. Berikut  contoh usaha yang lain di masa pensiun:
Peternakan, Beternak Ayam, Beternak Lele, jasa antar jemput anak sekolahanTempat Kost, tanaman hias, Ikan Hias dan lainnya.
Namun, apabila  ingin bisnis yang dapat dijalankan dengan santai dari rumah saja, maka Bisnis dibidang property, adalah pilihan yang paling cocok. Mengingat properti merupakan salah satu dari kebutuhan yang banyak orang perlukan (papan). Seperti halnya rumah kontrakan, pastinya sebelum  pensiun tentu saja memikirkan rencana masa tua  dengan berinvestasi ke properti.
Investasi property saat ini  selalu meningkat setiap tahun. Atau bisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan banyak yang membutuhkannya. Untuk bisnis jasa persewaan, ada banyak alternatif. Seperti persewaan mobil, sewa tanaman sebagai pendukung dekorasi pada suatu acara tertentu, sewa peralatan makan untuk acara pernikahan dan lain sebagainya.
Bahkan menurut informasi, seperti yang diungkapkan Wakil Bupati Kuningan Drs. Momon Rochmana, disela-sela apel pagi, mengatakan, ada sebagian  para PNS  aktif yang berinvestasi di tanaman Jabon, Arbise dan tanaman pohon lainnya. Hal ini merupakan salah satu contoh sebuah terobosan bagi para PNS untuk menghadapi masa pensiun. Sehingga kelak nanti kita biasa memanen. Selain menguntungkan secara financial melainkan juga bermafaat untuk pelestarian lingkungan. “Sekarang menanam nanti memanen ini merupakan selogan yang mesti kita lakukan dalam menghadapi pensiun, tentunya dalam bentuk usaha apapun,”ungkapnya.
Bahkan yang perlu menjadi contoh ada salah seorang pensiunan penjabat PNS tertinggi diera tahun 2010. Kini berhasil memiliki usaha pencucian mobil/motor. Selain itu  banyak juga pensiunan yang sekarang masih aktif menjadi politisi, dosen dan terjun kedunia property.
Sekarang bagi  para pensiun atau calon pensiun, tinggal memilih ingin diisi kegiatan apa di masa pensiun ? Menikmati pensiun saja, turut serta dalam dunia politik, pengajar/dosen, atau tetap berkarya dengan dunia usaha.  Semoga menjadi inspirasi, salam sukses. (Nana Suhendara)

Share

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: